(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Mie AcehResep kuliner nusantara memiliki keanekaragaman rasa dan selera sehingga menjadikan makanan khas nusantara disetiap daerah memiliki keistimewaan tersendiri.

 

Cara Membuat Mie Aceh

Kali ini kami akan berbagi resep lezat lainnya yaitu Resep Mie Aceh Asli yang merupakan makanan khas dari daerah Aceh dari Kepulauan Sumatera. Dari namanya sudah terdengar sedikit asing jika anda bukan orang asli Aceh terlebih jika belum pernah menjumpai atau mendengar nama Mie Aceh.

Resep Mie Aceh itu sangat mudah, sama halnya seperti mie ayam namun kalau mie aceh rasanya lebih terasa beda dari mie mie lainnya karena aroma dan rasanya benar-benar istimewa hampir seperti kari tapi tidak berkuah.

Jika di Korea terkenal dengan mie bulgogi yang unik dan enak, di Indonesia juga ada Mie Aceh yang tidak kalah nikmatnya dengan isi daging sapi, udang serta sayuran yang tidak kalah lezat dari negeri drama romansa tersebut.

Anda yang belum pernah mencoba merasakan kenikmatan dari Mie Aceh, sekarang di daerah perkotaan sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan menu makanan Mie Aceh, namun harganya terbilang standar sedikit tinggi. Biasanya menu makanan ini terdapat di rumah makan khas Aceh seperti Bungong Jeumpa.

Apabila kocek anda terbilang minim, lebih baik tidak usah mencoba makan disana karena menunya menggoda sesuai harganya.

Dalam proses pembuatannya Mie Aceh menggunakan bahan-bahan tersendiri seperti mie kuning (basah) yang di campur dengan irisan daging atau juga makanan laut (udang atau cumi). Cara menyajikannya pun hampir sama dengan konsep mie pada umumnya yakni disajikan bersama dengan kuah sup kental yang beraroma pekat dan juga pedas.

Dan sebagai pelengkap biasanya dalam hidangan mi aceh (goreng / sup) di tambahkan potongan bawang goreng,emping, ketimun dan jeruk nipis.

Dari pada beli mahal, mendingan kita membuatnya sendiri dirumah, sambil menguji keahlian kita dalam memasak untuk orang-orang tercinta. Bahan untuk Resep Mie Aceh Asli sangat mudah didapat karena di warung, super market atau dipasar pasti ada. Cara membuat Mie Aceh juga mudah dan tidak ribet. Rasa dijamin membuat ketagihan apalagi kalau anda pecinta mie.

Perbedaan utama Mie Aceh dari hidangan mie dari daerah-daerah lain terletak pada racikan bumbu yang lebih tajam dan kaya rempah. Komposisi utama dari bumbu halus di Mie Aceh adalah cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica dan bawang putih.

Kandungan gizi di dalam Mie Aceh juga banyak karena Mie Aceh terbuat dari bahan-bahan yang memiliki protein dan karbohidrat yang tinggi. Jika anda membuat makanan sendiri, tentunya anda dapat menjamin kehigienisan dan kualitas bahan makanan yang anda gunakan sehingga tidak muncul kekhawatiran yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Takaran penggunaan racikan bumbu halus yang relatif lebih banyak di dalam setiap porsi Mie Aceh, membuat rasa bumbu-bumbu ini memiliki nuansa saat dimulut kita. Selain itu, berbeda dengan umumnya mie goreng atau rebus dari tanah Jawa, Mie Aceh tidak menggunakan telur dan sebagai gantinya bumbu halus ditumis bersama bahan pelengkap sesuai pesanan.

Cara Membuat Mie Aceh paling enak disantap ketika masih panas. Bagi anda yang sering mengadakan acara besar dirumah seperti arisan, selamatan, reunian, dll, anda dapat menjadikan Resep Mie Aceh Asli ini menjadi salah satu resep andalan, karena menu Mie Aceh belum pasaran sehingga jika anda dapat membuatnya dan hasilnya enak pasti anda akan merasa bangga sendiri.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja bahan Cara Membuat Mie Aceh dan bagaimana membuatnya agar menghasilkan rasa yang enak, di artikel kali ini kami akan berbagi rahasianya untuk anda. Berikut ini adalah Resep Mie Aceh Asli untuk para wanita dan pria yang hobi berkreasi masakan di rumah. Mari simak resep yang satu ini.

Cara Membuat Mie Aceh

Bahan dan Bumbu Mie Aceh Asli:

  1. 400 gram mie kuning basah.
  2. 300 gram daging sapi, dipotong dadu kecil-kecil.
  3. 2 sendok makan kecap manis.
  4. 150 gram kol, dibuang tengahnya, diiris tipis.
  5. 2 sendok makan seledri, dicincang halus.
  6. 6 buah bawang merah, diiris tipis.
  7. 2 sendok teh garam.
  8. 3 sendok makan minyak goreng untuk tumis.
  9. 2 bawang putih, diiris tipis.
  10. 60 gram taoge.
  11. 1 batang bawang daun, diiris halus.
  12. 750 ml kaldu sapi.
  13. 150 gram udang, dikupas.
  14. 2 tomat merah, diiris dadu.

Bumbu Halus Cara Membuat Mie Aceh :

  1. 8 buah bawang merah.
  2. 4 buah cabai merah, dibuang bijinya.
  3. 3 buah bawang putih.
  4. 3 cm kunyit, dibakar.
  5. 2 sendok makan kari bubuk.
  6. 1 sendok teh merica butiran.

Cara Membuat Mie Aceh Asli:

  1. Pertama-tama panaskanlah minyak goreng, lalu tumis bawang merah, bawang putih, dan juga bumbu halus sampai harum.
  2. Lalu tambahkan kaldu dan daging, biarkan mendidih diatas api kecil sampai daging empuk.
  3. Sekarang masukkanlah udang,tomat,seledri,daun bawang dan juga garam. biarkan sampai udang matang dan berubah warna.
  4. Kemudian tambahkan sayuran seperti; kol,taoge,kecap manis dan juga mie.
  5. Terakhir; cicipi rasanya (Jika kurang tambahkan sendiri sesuai selera),Aduk-aduk rata lagi sebentar. selesai.

Cara Membuat Mie Aceh Beserta Bumbu Asli Rempah Rempahnya.

Aceh, daerah bagian paling barat dari negara kita ini terkenal dengan syariat islamnya yang cukup konsisten diterapkan di daerah meraka. Selain itu, kebudayaan khas mereka juga terkenal sampai di luar negeri. Ternyata, salah satu resep kuliner dari daerah tersebut.

Tidak hanya terkenal di daerah asalnya saja, resep masakan mie ini juga cukup pupuler di daerah Medan, Bandung, Mie Aceh Jakarta dan di kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan bumbu mie yang berasal dari berbagai macam rempah alami dipadu dengan beberapa tips khusus untuk cara membuatnya,

Resep mie Aceh ternyata mempunyai citarasa yang luar biasa. Tidak hanya mie goreng Aceh nya saja, mie kuah nya juga mempunyai citarasa yang unik, enak dan lezat sehingga banyak dicari oleh penggemar kuliner nasional.

Seperti juga resep masakan dari daerah pulau Sumatera bagian barat lainnya, seperti Medan, Padang dan lainnya, resep mie Aceh ini juga kaya sekali dengan bumbu rempah rempahnya. Kelebihan dari mie aceh goreng dan mie aceh kuah memang terletak di bahan bumbu rempah yang digunakannya.

Bumbu mie aceh ini memang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Bahkan bisa dibilang lebih lengkap kalau dibandingkan dengan Mie Kopyok Semarang. Kalau cara membuat mie nya sendiri tidak terlalu berbeda dengan masakan dari daerah lain, walaupun memang ada beberapa tips supaya hasilnya enak dan lezat.

Salah satu ciri khas resep mie goreng dari Aceh ini adalah bentuk mie yang digunakan kelihatan lebih besar dan tebal. Hal ini lah yang membuat banyak penggemar kuliner selalu puas saat menikmati resep mie Aceh yang juga dengan mudah bisa kita temukan di Jakarta, Bandung, Surabaya atau daerah lainnya.

Selain menggunakan mie khusus (bisa juga memakai mie telor biasa kalau tidak ada) dan bumbu mie yang lengkap, campuran isiannya memang lebih bergizi. Ya, buat teman teman yang kebetulan memang menyukai masakan ini, pasti tahu bahwa isian dari resep ini lebih bergizi dibandingkan dengan mie yang lain.

Karena menggunakan bumbu rempah seperti pala, kapulaga dan lada, citarasa mie aceh ini cocok sekali dengan mereka yang menyukai citarasa pedas atau dinikmati saat musim hujan atau cuaca lagi dingin.

Tidak pas rasanya menikmati mia kuah aceh ataupun mie gorengnya tetapi rasanya kurang pedas. Selain itu, citarasa nya juga didominasi dengan rasa gurih karena bumbu mie aceh yang digunakan memang cukup berani.

Cara Membuat Mie Aceh

Bahan Resep Mie Aceh Goreng Enak.

  1. Bahan utama yang digunakan adalah mie basah besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram saja. Siram dengan air panas atau diseduh sebentar sebelum digunakan. Kalau tidak ada bisa diganti dengan mie telor kualitas bagus 1 bungkus.
  2. Daging kambing atau sapi yang sudah dipotong potong kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Bisa juga dicampur dengan udang atau yang lainnya dengan komposisi seimbang.
  3. Kaldu sapi kurang lebih sebanyak 250 saja supaya aroma dan rasanya lebih lezat. Diambil dari sisa rebusan dagingnya.
  4. Tauge segar yang sudah dipotong ujungnya kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  5. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 3/4 liter saja.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
  7. Gula pasir secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  8. Kecap manis kental kualitas bagus secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1.5 sendok makan.
  9. Tomat merah segar ukuran sedang 1 buah. Cuci bersih lalu potong sesuai selera.
  10. Bawang merah kurang lebih sebanyak 3-4 siung. Kupas kulitnya lalu iris iris halus.
  11. Kol segar secukupnya sesuai selera. Cuci bersih lalu iris iris memanjang.
  12. Daun bawang yang sudah di iris iris kasar secukupnya (kurang lebih 1 batang saja).
  13. Daun salam 1 pcs saja (kalau menggunakan daging kambing supaya aroma khasnya berkurang, bisa dihilangkan kalau memakai daging sapi).
  14. Minyak goreng secukupnya.

Bumbu Mie Goreng Aceh Spesial.

  1. Bawang putih kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulitnya lalu potong potong bawang supaya mudah dihaluskan.
  2. Bawang merah kurang lebih sebanyak 6 siung saja. Kupas kulitnya lalu potong potong.
  3. Kunyit yang sudah dibakar bakar kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  4. Kapulaga kurang lebih sebanyak 1 butir saja.
  5. Buah cabai merah keriting secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5-8 pcs.
  6. Jintan sedikit saja (kurang lebih 0.25 sendok kecil).
  7. Ketumbar kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  8. Kemiri kurang lebih sebanyak 2-3 pcs saja.
  9. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  10. Adas kurang lebih 3 pcs kalau ada. Bisa dihilangkan kalau susah mencarinya.

Cara Membuat Mie Aceh

Cara Membuat Mie Aceh Goreng Yang Mudah dan Praktis

– Langkah pertama masak dan rebus daging kambing atau sapi yang akan digunakan bersama daun salamnya sampai empuk kemudian tiriskan dan potong kecil.

– Setelah dagingnya masak, haluskan dan uleg bumbu mie aceh diatas sampai halus.

– Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya lalu tumis bawang merah yang sudah diiris diatas sampai layu.

– Masukkan bumbu mie goreng aceh yang sudah dihaluskan ke dalam penggorengan dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.

– Masukkan daging kambing atau daging sapi yang sudah dipotong potong ke dalam penggorengan dan aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

– Tuang air kaldu dagingnya ke dalam penggorengan dan aduk aduk kembali supaya semua bahan tercampur rata. Masak sampai airnya mendidih.

– Masukkan potongan sayurannya, seperti tauge, kol dan yang lainnya kemudian aduk aduk kembali sampai airnya agak berkurang.

– Kasih irisan daun bawang dan tomatnya kemudian aduk aduk kembali.

– Lalu jangan lupa kecap manis, garam dapur beryodium, gula pasir dan kemudian aduk aduk kembali sampai semua kuahnya mendidih.

– Berikutnya tuang mie yang sudah diseduh sebelumnya kemudian aduk aduk kembali sampai bumbunya meresap ke dalam mienya dan kuahnya menyusut.

– Angkat mie di dalam penggorengan dan tuang ke piring sajian bersama kelengkapannya.

Resep Mie Aceh Goreng Kambing. 

Bahan Resep Mie Aceh Goreng Kambing:

  • 400 gr mie kuning basah yang gilik
  • 100 gr taoge
  • 1 buah tomat potong-potong
  • 250 gr daging kambing potong kotak 1 cm, tebal 1/2 cm
  • 350 ml kaldu sapi
  • 3 bh bawang merah, iris halus
  • 1 daun bawang, iris halus
  • 2 siung bawang putih, iris halus
  • ½ sdt cabai bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 daun seledri, iris halus
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 1/2 sdt garam
Bumbu Halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 6 bh bawang merah
  • 4 buah cabai merah
  • 3 cm kunyit
  • 2 kapulaga
  • ¼ sdt jintan
  • ½ sdt merica
Pelengkap :
  • emping goreng
  • Acar ketimun dan wortel

Cara Membuat Mie Aceh Kambing:

  1. Tumis bawang dan bumbu halus sampai harum, masukkan daging kambing sambil diaduk hingga berubah warna.
  2. Tambahkan kaldu, tutup wajan, masak sampai daging lunak dan kuah mengental.
  3. Masukkan mie, seledri, daun bawang dan garam, aduk rata. Tambahkan kecap manis, cabai bubuk, tomat dan taoge, aduk hingga layu dan bumbu meresap.
  4. Angkat, sajikan dengan pelengkap.

Cara Penyajian Mie Aceh

  1. Siapkan piring atau mangkok saji anda.
  2. Tempatkan mie yang telah selesai di rebus di atass piring saji, kemudian siramkan bumbu kuah kaldunya di atas mie anda.
  3. Campurkan bumbu dan mie tersebut sampai merata dan tercampur dengan baik.
  4. Tata emping dan acar sebagai pemanis dan pelengkap untuk Mie Aceh yang anda buat.
  5. Sajikan selagi hangat.

Selesai sudah cara membuat mie aceh goreng dengan bumbu rempahnya. Memang sedikit lebih ribet daripada mie biasanya, tetapi rasanya memang beda dan jerih payahnya terbalas dengan hidangan spesial dari Serambi Mekah ini.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Mie Aceh, semoga bermanfaat dan nikmatilah lezatnya..hehe.

Terimakasih.