0822-2330-3737

Anak muda mana yang tidak mengenali kuliner yang satu ini? Salah satu makanan yang banyak diminati oleh banyak orang, seblak. Kalau dahulu seblak banyak ditemui didaerah kampus, kini kuliner tradisional tersebut sudah merambah  didunia restoran. Membuka usaha seblak ini, memiliki banyak sekali keuntungan, karena makanan ini peminatnya semakin hari semakin banyak. Karena cukup populer dikalangan masyarakat, seblak ini bisa dikatakan mempunyai prospek jangka waktu yang panjang. Sebelum masuk ke pembahasan peluang memulai usaha seblak, simak penjelasan dibawah ini.

Peluang Usaha Seblak Kekinian Bagi Pemula

 

Karena cita rasanya yang pedas dan gurih membuat para penikmatnya selalu mau menjajal kudapan ini lagi dan lagi. Dengan aneka jenis bumbu campuran membuat rasa kerupuk rebus makin nikmat dan lezat.

Menikmati seblak ini memberikan kepuasan tersendiri dengan rasa yang tiada duanya saat anda mencicipinya. Tidak ada rasa bosan ketika mencicipi seblak dengan kelezatan rasa yang disuguhkan.

Bagi pecinta seblak nampaknya hadirnya seblak  ini memberikan kepuasan secara tersendiri. Kini seblak banyak dicari dan diburu oleh masyarakat yang ingin untuk mencoba mencicipi dan mencoba rasa dari seblak. Seblak juga tersedia beberapa aneka jenis yaitu, seblak ceker, seblak basah, seblak instan, seblak bakso, seblak kerupuk, seblak makaroni dan banyak lagi jenis seblak yang belum kamu ketahui.

Membuka usaha bisnis seblak juga sangat bagus untuk dijalankan karena peluangnnya masih terbuka lebar bagi siapapun yang tertarik menjalankannya. Tidak heran kalau hidangan seblak bisa jadi peluang bisnis saat ini. Jika ingin menjalankan bisnis usaha seblak yang baik, maka silahkan simaklah penjelasan tentang peluang memulai usaha seblak

Beberapa info dibawah ini mengenai hal apa saja yang perlu dipersiapkan.

 

Peluang Memulai Usaha Seblak

 

Bahan Baku Seblak

Kalau anda ingin membuat menu seblak yang nikmat maka buatlah menu dengan menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang bagus. Untuk bisa mendapatkan rasa yang benar-benar pas dan enak, bahan – bahan untuk membuat seblak bisa dibeli dipasaran. Bahan yang diperlukan adalah kerupuk sagu, minyak sayur,bakso sapi, telur ayam, daun bawang, garam, kaldu ayam, bawang merah goreng, cabai rawit,kencur, bawang merah, dan bawang putih.

Lokasi Usaha Seblak

Agar bisnis berjalan dengan lancar dan baik maka silahkan mencari lokasi usaha strategis. Memilih tempat yang strategis akan membantu anda untuk melancarkan usaha menjadi lebih maju. Oleh karena itu dapatkan lokasi yang banyak dilalui orang. Lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis seblak seperti kawasan kampus, sekolah, tempat wisata, dekat dengan alun – alun kota dan masih banyak lagi lokasi yang cocok untuk berbisnis seblak. Salah satu tempat yang paling tidak membutuhkan biaya sewa adalah di kawasan perumahan jadi kamu juga menambah kualitas bahan dan juga pelayanan. Dengan cara itu warga sekitar perumahan juga ikut meramaikan dan mencicipi kelezatan seblak buatan kamu.

Strategis Bisnis Seblak

Supaya bisnis seblak disukai banyak masyarakat maka buatlah menu seblak dengan menggunakan bahan yang berkualitas. Dengan menggunakan bahan berkualitas dan masih segar maka akan menghsilkan rasa yang enak. Buatlah 1 porsi mangkuk yang sesuai dengan harga yang tidak merobek kantung agar masyarakat menyukainya, ini berlaku untuk bisnis awal. Bisnis tentu akan diterima masyarkat dengan baik jika memberikan pelayanan dan penyajian makanan secara baik dan ramah.

Pemasaran Seblak

Usaha bisa berjalan lancar kalau dalam proses pemasaran dapat menggunakan spanduk dan memberi nama unik pada usaha ini. Buat spanduk dan beri keterangan mengenai usaha yang dijalankan, supaya bisnis seblak ini bisa dikenal masyarakat dengan mudah maka, buatlah nama usaha yang mudah untuk diingat. Pasang spanduk dilokasi penjualan agar dapat dilihat oleh banyak orang. Selain itu gunakanlah kemasan yang ramah lingkungan, contoh kemasan seblak yang ramah lingkungan adalah paperbowl. Bukan hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan sosial media atau anda juga bisa menggunakan media cetak untuk memasarkan produk anda kepada publik.

Berani Berinovasi

Supaya usaha seblak kamu memiliki selalu terkenal dan berumur panjang, lakukanlah inovasi terhadap olahan seblak yang biasanya  hanya diberi tambahan kerupuk dan bumbu lainnya. Buatlah sebuah eksperimen kecil pada hidanganmu  supaya bisa menjadi pilihan yang tepat agar konsumen selalu penasaran untuk mencobanya.

Tantangan dan Solusi

Tantangan :

  1. Temukan Target Pasar
  2. Keuangan Bisnis Yang Tidak Stabil
  3. Penyediaan Menu

Solusi :

  1. Salah satu faktor pemicu dalam menjalankan bisnis adalah pelanggan. Hal yang perlu dilakukan untuk bisa menarik konsumen tersebut adalah menemukan target pasar yang tepat. Melalui handphone, kamu bisa meninjau, melihat, dan menemukan data  target pasar dengan mudah.
  2. Tantangan membuka usaha selanjutnya adalah keuangan. Dalam suatu proses memulai suatu usaha setiap pebisnis akan mempersiapkan modal yang cukup untuk memulai usaha tersebut. Siapkanlah modal lebih untuk memulai usaha
  3. Usaha menciptakan menu yang bervarian seperti ini memang menjadi salah satu tantagan memulai usaha. Untuk mewujudkan inovasi penyediaan menu yang unik dan cocok untuk masyarakat adalah hal yang cukup menantang. kamu harus menyiapkan dan meninjau kembali penyediaan menu.

Memilih Pemasok Terpercaya

Untuk mendapat peluang memulai usaha seblak kamu juga harus memperhatikan pemasok kamu. Berikut cara memilih pemasok yang baik dan terpercaya:

Tentukan Terlebih Dahulu Kebutuhanmu

Sebelum memulai mencari supplier untuk toko, sebaiknya kamu menentukan dulu apakah Anda mencari supplier untuk dropship atau reseller. Kebutuhan dari masing-masing toko sudah pasti berbeda.

Perhatikan Kualitasnya

Cara memilih supplier selanjutnya adalah memperhatikan kualitas barang. Dengan memiliki kualitas yang baik menjadi salah satu faktor besar agar produk diminati ataupun  disukai oleh para pembeli. Pembeli tentu akan melakukan pembelian untuk kedua kalinya hanya jika mereka merasa puas dengan hasil pembelian pertama.

Pantau Pelayanan dan Kesigapan Supplier

Supplier dengan kesiapan serta cepat menanggapi para pelanggan akan sangat berperan penting ketika melakukan kerja sama. Sudah pasti akan menjadi sebuah permasalahan jika barang yang dipesan terlambat diterima.

Perhatikan Kebutuhan Kuantitas

Selanjutnya setelah kualitas, sangat penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kuantitas yang dapat di supply oleh supplier. Seringkali tidak sedikit supplier merasa mampu untuk memenuhi kebutuhan pasokan toko Anda.

Memperhatikan Reputasi Serta Track Record Supplier

Dalam memilih supplier terpercaya tidak perlu terburu-buru. Lebih baik cek terlebih dahulu sumber informasi yang mengenai supplier seperti di blog, forum  info jual beli, komunitas dan lainnya. Telusuri kredibilitasnya dengan melihat para pembeli yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

Dapatkan Harga yang Sesuai

Jika kamu sudah mendapat supplier yang cocok dengan kualitas baik, kamu harus menentukan dan sepakati harga. Pastikan juga anda mempunyai budget yang sesuai supaya dana bisa dialokasikan secara maksimal. Tentu saja, untuk memulai suatu bisnis adalah persoalan untung dan rugi sehingga harus benar-benar menimbang dan memperhatikan kemampuan dana.

Pertimbangkan Kontinuitas dan Konsistensi

Bukan hanya track record saja, konsistensi serta kontinuitas supplier sangat penting dalam menjalankan bisnis Anda. Terkadang supplier mengalami suatu kendala dalam mengirim barang sehingga, bisnis jadi terhambat.  Hal ini berguna untuk berjaga-jaga dalam mempersiapkan produk atau jasa dalam bisnis Anda sehingga penting mencari supplier dengan konsistensi kemampuan suplai untuk bisnis.

Miliki Lebih dari Satu Supplier

Salah satu tips untuk memilih supplier yang benar adalah memiliki lebih dari satu supplier. Jika kamu hanya mempunyai satu supplier adalah salah satu kesalahan dalam dalam menjalankan suatu usaha. Selain berbahaya, jika stok yang diinginkan  sedang tidak ada, dengan mempunyai lebih dari satu supplier kamu dapat membandingkan harga dengan lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa memiliki ide-ide yang lain untuk dijual jika kamu memiliki lebih dari satu supplier.

Contoh Resep Seblak Gurih :

Bahan:

  • 100 gram kerupuk sagu
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 6 butir bakso sapi iris denngan tipis
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 50 ml air
  • Bawang merah goreng

Bumbu Halus:

  • 10 but
  • 3 siung bawang putih
  • 3 cabai rawit merah
  • 2 butir bawang merah
  • 3 cm kencur

Menyediakan Jasa Pesan Antar

Di era sekarang ini agar peluang memulai usaha seblak semakin besar, Kamu dapat mendaftarkan usaha mu ke aplikasi jasa pesan antar. Banyak orang yang ingin menikmati makanannya dirumah maka karena itu layanan pesan antar menjadi salah satu strategi agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Menyediakan jasa pesan antar ini adalah salah satu tips untuk memaksimalkan target pasar. Pembeli hanya perlu melakukan pemesanan secara online, kemudian penjual akan mengantar pesananmu melalui pihak ketiga,tentu saja dengan ketentuan kamu harus memiliki biaya lebih untuk menyewa kurir.

Langkah Membuat Seblak :

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan – bahan pembuatan seblak terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya rendam kerupuk dalam air panas sampai kenyal, kira-kira selama 10 menit, tiriskan dan sisihkan.
  3. Setelah itu panaskan minyak, kemudian tumis bumbu-bumbu yang tadi dihaluskan sampai berbau harum. Setelah itu, masukanlah beberapa bakso sapi dan kerupuk yang telah direndam tadi, aduk merata.
  4. Lalu tuangkan telur kocok, aduk cepat sampai berserabut. Jangan lupa untuk menambahkan,garam, daun bawang, dan juga kaldu bubuk, aduk sampai semua bumbu merata.
  5. Kemudian tuang air, tunggu sejenak hingga bahan- bahan nya matang. Angkat dan sajikan dengan bahan taburan.
  6. Seblak pun siap untuk dinikmati.

Nah, itu tadi resep dan dan cara pengolahan seblak. Dalam pengolahan seblak, pastikan setiap langkah dilakukan secara tepat supaya rasa kudapan seblak basah makin sedap. Apabila citarasa dari dari seblak ini nikmat dan enak, tentu saja akan banyak sekali peminat dan orang yang akan tertarik untuk membeli seblak yang anda buat.

Dapat pula dengan mengkreasikan seblak dengan bahan lainnya agar lebih inovatif dan tampak menarik. Keuntungan yang dapat kamu peroleh dalam menjalankan bisnis usaha sebak ini tentu sangat bervariasi. Tergantung faktor penjualan kamu yang akan mempengaruhi keuntungan.

Manfaat Mengonsumsi Seblak

Ciri khas dari seblak adalah berupa rasanya yang pedas tapi banyak juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Khasiat dari seblak ini tidak cuman dari bumbu cabai yang pedas tapi juga berasal dari dari bahan-bahan yang lain. Berikut beberapa maanfaat seblak yang mungkin belum kamu ketahui.

  1. Menjaga kesehatan jantung : Kandungan cabai pada seblak memiliki khasiat yang dapat membuat jantung lebih sehat, karena mengandung vitamin C yang dapat mencegah resiko penyakit jantung menyerang.
  2. Mencegah Resiko Terkena Kanker : Zat kapsiasin yang terkandung dalam cabai dapat membunuh sel-sel kanker yang dapat membahayakan tubuh manusia.
  3. Sebagai Sumber Energi : Rotein merupakan sumber energi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan karbohidrat dan lemak.
  4. Sumber Vitamin : Cabai merupakan buah yang  mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C pada cabai merupakan antioksidan yang dapat menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.
  5. Dapat Menurunkan Berat Badan : Belum banyak orang yang tidak menyadari jika mengonsumsi seblak ternyata sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Orang-orang akan berkeringat saat makan seblak karena sensasi pedas dari cabainya. Hal ini membuat metabolisme tubuh akan bertambah meningkat sehingga membakar kalori makanan di tubuh dan akan berpengaruh pada penurunan berat badan. Namun, jika terlalu sering mengonsumsi seblak karena makanan yang pedas tersebut dapat merusak lambung jika dimakan terus-menerus.

Itu tadi 5 manfaat yang kamu dapat jika kamu mengonsumsi seblak. Tetapi hanya karena memiliki banyak manfaat, kamu juga tidak boleh memakannya secara berlebihan. Kamu juga harus menyeimbangkan waktu kapan untuk memakan seblak. Jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat mengakibat penyakit, tentu kamu tidak ingin itu terjadi kan? Oleh karena itu konsumsilah secara teratur dan tidak berlebihan.

Mengelola SDM

Meningkatkan suatu kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) memang bukan hal yang mudah. Karena, di dalam suatu kegiatan meningkatkan kualitas SDM terdapat pembentukan personal. Pembentukan personal  meliputi peningkatan kualitas, baik dalam hal keterampilan, loyalitas, maupun kemampuan individu dalam berusaha. Untuk meningkatkan kualitas SDM  sendiri, pendiri perusahaan harus memiliki program yang solid untuk menjalankan dan mengembangkan potensi yang dimiliki SDM agar dapat mencapai target yang sesuai dan diinginkan.

Berikut Beberapa Strategi Yang Dapat Dilakukan Suatu Perusahaan :

  1. Pelatihan atau Training : Salah satu cara untuk bisa meningkatkan kualitas SDM, pekerja atau karyawan di perusahaan perlu melatih diri atau mengikuti training. Tujuan mengikuti training ini adalah untuk mengembangkan individu dalam hal meningkatkan kemampuan, keterampilan, serta sikap yang dimiliki.
  2. Perekrutan Yang Selektif : Merekrut beberapa karyawan adalah salah satu bagian yang juga penting dalam hal manajemen sumber daya manusia. Merekrut seorang karyawan dengan kualifikasi dan keahlian yang baik sesuai dengan posisi yang tersedia bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk perusahaan tersebut.
  3. Memberikan Kesempatan : Memberikan kesempatan mereka menyalurkan ide-ide ternyata juga dapat menjadi cara agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dengan cara itu diharapkan para karyawan memiliki kontribusi bagi perusahaan. Tentu saja dengan adalah salah satu caranya ini akan membuat para karyawan merasa dihargai dan akan mengembangkan kemampuan mereka.

Memperhitungkan Modal

Untuk memulai suatu usaha, tentu saja memperlukan modal atau biaya untuk menjalankan usaha kamu. Sebagai seorang pebisnis, sudah menjadi keharusan untuk memperhitungkan biaya pemasukan dan pengeluaran. Ditambah lagi jika kamu memperkerjakan seorang karyawan. Lalu, berapakah modal yang diperlukan untuk memulai usaha seblak ini? Berikut analisa usaha seblak yang bisa kamu jadikan referensi :

Gerobak Rp 1.900.000

Kompor dan tabung gas Rp 300.000

Blender Rp 125.000

Panci Rp 100.000

Wajan Rp 170.000

Pengaduk, Pisau Rp 60.000

Piring, Sendok, Gelas Rp 30.000

Meja, Kursi Rp 250.000

Peralatan tambahan Rp 300.000

JUMLAH INVESTASI Rp 3.235.000

Biaya Tetap Per Bulan

Kerupuk (Rp 15.000 x 30 hari) = Rp 450.000

Frozen food ,sosis, dan bakso (Rp 20.000 x 30 hari) = Rp 600.000

Bahan berseterta bumbu (Rp 12.000 x 30 hari) = Rp 360.000

Kantung plastik  (Rp 4000 x 30 hari) = Rp 120.000

Sewa tempat Rp 300.000

Restribusi Rp 50.000

Jumlah Biaya Variabel Rp 1.880.000

Total Biaya Operasional = Rp 1.880.000 + Rp 74.700 = Rp 1.954.700

Pendapatan Tiap Bulan Bisnis Seblak

Penjualan rata  -rata = 20 porsi x Rp 7000 x 30 hari = Rp 4.200.000

Keuntungan tiap bulan = Rp 4.200.000 – Rp 1.954.700 = Rp 2.245.300

Nah, itu tadi analisis dari keuntungan jika menjalankan bisnis usaha seblak. Perhitungan diatas hanyalah perkiraan belaka, jadi anda bisa menyesuaikan harga dan jumlah penjualan dari semangkuk seblak yang anda jalankan.

Itu tadi artikel penjelasan tentang Peluang Memulai Usaha Seblak Kekinian Bagi Pemula yang bisa kamu simak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat kedepannya. Sekian dari saya, mohon maaf jika ada salah penulisan kata.

 

 

× Whatsapp Kami!