(0274) 287 1809 rumahmesin@gmail.com

Cara Membuat Mie Ayam

Cara Membuat Mie Ayam, Usaha mie ayam memang tidak pernah luntur dimakan zaman. Tahun demi tahun makin banyak dan makin sering dijumpai pedangan keliling ataupun warung makan mie ayam, kadang kala tersedia juga tambahan toping dalam mie ayam seperti bakso, ceker dan lain sebagainya.

Karena rasa yang enak dan harga yang terjangkau, jenis makanan ini pun selalu menjadi favorit bagi semua kalangan. Bukan remaja saja yang menggandrungi nya, orang tua juga selalu menikmati santapan yang mengenyangkan ini. Cara Membuat Mie Ayam cukup simple, oleh karena itu banyak kita jumpai pedagang mie ayam di setiap kota.

Bukan hanya kota, bahkan di daerah pedesaan pun banyak penjual mie ayam. Sebenarnya, apa saja bahan baku dari mie ayam dan apa saja kandungan yang ada pada mie ayam serta manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya sebelum penjelasan lengkap mengenai Cara Membuat Mie Ayam.

Berikut penjelasan singkat tentang kandungan gizi dalam daging ayam :

  1. Protein, Kandungan protein yang terdapat dalam daging ayam tergolong cukup tinggi. Protein yang terkandung adalah asam amino dimana asam amino ini berfungsi untuk membangun otot didalam tubuh. Dalam 100 gram daging ayam sendiri sebenarnya terdapat kandungan 18 gram protein
  2. Energi, Energi yang terdapat pada daging ayam adalah sebesar 302 kilokalori, protein 18,2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 25 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 2 miligram.  Selain itu di dalam Daging Ayam juga terkandung vitamin A sebanyak 810 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 0 miligram.
  3. Vitamin, Daging ayam mempunyai kandungan vitamin yang cukup banyak yakni dari vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata serta menajamkan penglihatan. Vitamin B, untuk mengatasi dan mencegah katarak, menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, sistem saraf, serta dapat mengatasi gangguan jantung, diabetes, dan kolesterol tinggi. Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium serta menguatkan dan menyehatkan tulang.
  4. Kandungan Mineral, Kandungan mineral di dalam daging ayam terdiri dari zat besi dan fosfor yang berfungsi untuk mencegah anemia, menjaga kesehatan otak, tulang dan gigi serta dapat memperlacar sistem metabolisme tubuh

Pada dasarnya, kandungan yang terdapat dalam daging ayam yakni ada 4. Kemudian, penjelasan manfaat gizi dari daging ayam itu sendiri adalah sebagi berikut :

Manfaat gizi pada daging ayam untuk kesehatan :

  1. Tinggi Protein Protein dalam ayam cocok sangat untuk pertumbuhan otot dan pengembangan otot itu sendiri serta dapat membantu mendukung berat badan yang sehat dan membantu penurunan berat badan
  2. Anti-depresan Dalam daging ayam terdapat asam amino yang sudah dijelaskan diatas. Asam amino atau yang biasa disebut triptofan ini dapat menjadi anti-depresan natural bagi anda. Jika Anda merasa tertekan, makan beberapa unggas akan meningkatkan kadar serotonin di otak Anda, meningkatkan mood Anda, serta dapat meredakan stress.
  3. Kaya Fosfor Dalam daging ayam sendiri ternyata kaya akan kandungan fosfor. Fosfor ini adalah mineral yang penting untuk mendukung gigi dan tulang, serta ginjal, hati, dan fungsi sistem saraf pusat lainnya.
  4. Meningkatkan Metabolisme Vitamin B6 atau B-kompleks yang terkandungan dalam daging ayam dapat meningkatkan fungsi enzim dan reaksi seluler metabolik (proses Metilasi), yang akan menjaga pembuluh darah tetap sehat, tingkat energi yang tinggi, dan metabolisme membakar kalori sehingga Anda dapat mengelola berat badan yang sehat dan tingkat aktivitas.
  5. Meningkatkan Kesehatan Mata Daging ayam mempunyai kandungan retinol yang tinggi, alpha dan beta-karoten serta likopen. Yang semuanya adalah berasal dari vitamin A, dan semua penting untuk fungsi penglihatan mata yang sehat.
  6. Pertumbuhan Kulit yang Sehat Daging ayam dapat mengatasi masalah kulit kering, pecah-pecah maupun kulit rusak. Kandungan riboflavin (Vitamin B2) dalam asupan makanan, atau yang banyak ditemukan pada hati ayam, akan secara drastis mengurangi masalah kulit Anda dan memperbaiki kulit kering atau rusak.
  7. Mencegah Osteoporosis Mengonsumi daging ayam dapat mencegah kehilangan masa tulang. Hal ini secara langsung dapat juga  mencegah kekeroposan tulang atau osteoporosis.

Secara garis besar, manfaat yang terkandung pada daging ayam adalah seperti penjelasan diatas tadi. Dapat disimpulkan bahwa kandungan gizi yang terdapat pada daging ayam sangatlah banyak, fosfor, vitamin dan lain sebagainya. Akan tetapi, meskipun kandungan daging ayam sangat bagus untuk kesehatan manusia.

Jika daging ayam dimakan secara berlebihan ataupun dimasak dengan cara yang salah, maka akan mengurangi kandungan gizi dari daging ayam itu sendiri.Kemudian, bagaimana cara memilih daging ayam yang bagus atau baik dan segar untuk dikonsumsi? Berikut penjelasannya secara singkat.

Cara Membuat Mie Ayam

Daging Ayam Segar

Cara memilih daging ayam yang baik untuk dikonsumsi :

  1. Warna Daging Hindari daging ayam yang berwarna pucat, mengkilap dan kebiru-biruan. Karena seharusnya daging ayam yang segar berwarna putih keabu-abuan dan cerah atau cenderung berwarna merah muda. Jika ayam mengkilap dan tidak dihinggapi lalat, dapat dipastikan ayam tersebut mengandung formalin.
  2. Hindari Darah Ayam Hindari daging ayam yang memiliki banyak darah, karena kondisi ayam tersebut memiliki beberapa indikasi, di antaranya adalah : telah banyak disentuh oleh berbagai tangan, sehingga bakteri semakin banyak. Atau juga bisa berarti telah dibekukan atau dicairkan beberapa kali, tentu daging ayam yang seperti tidak segar namun masih lumayan layak dikonsumsi. Asal dicuci dengan bersih dan dimasak dengan benar.
  3. Tekstur Daging Daging ayam yang baik dan segar, apabila ditekan, bentuknya akan kembali seperti semula dan terasa empuk. Apabila kulit daging ayam tersebut tenggelam dan cenderung keras, itu artinya ayam tidak lagi segar dan tentu saja tidak baik dikonsumsi. Apabila terasa kenyal, maka daging ayam tersebut dipastikan mengandung formalin. Daging ayam yang terlihat membengkak juga dapat dipastikan telah disuntik agar lebih berat daripada ukuran aslinya.
  4. Bau Daging Daging ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau, sehingga Anda akan tahu apakah daging ayam tersebut masih segar atau tidak dari adanya bau busuk atau tidak. Jika daging ayam tersebut berbau bahan kimia, dapat dipastikan daging ayam tersebut mengandung formalin atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Itulah keempat cara untuk memilih daging ayam yang baik untuk dikonsumsi. Secara garis besar dikelompokkan menjadi 4 yaitu perhatikan warna daging, hindari darah ayam, perhatikan tekstur daging serta bau daging. Setelah mengetahui informasi kandungan gizi, manfaat serta cara memilih daging ayam yang baik, selanjutnya adalah bagaimana Cara Membuat Mie Ayam.

Cara Membuat Mie Ayam

Mie Ayam

Cara Membuat Mie Ayam

Dalam pembuatan mie ayam, bahan yang digunakan bukan hanya toping ayamnya saja. Namun yang tidak kalah penting adalah tekstur dari mie-nya sendiri. Tekstur mie yang lembut dan kenyal sangat diminati oleh penikmat kuliner. Kemudian, campuran mie dan bumbu serta toping ayam diatasnya melengkapi kenikmatan mie ayam itu sendiri. Berikut kami beri resep atau cara membuat mie ayam sendiri atau homemade.

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain :

  1. Mie basah atau mie telur 500 gr atau setara dengan ½ kg
  2. Daging ayam 250 gram
  3. Tulang ayam 150 gram
  4. Minyak ayam 500 ml
  5. Lada bubuk ½ sendok the
  6. Daun caisim atau pakcoy secukupnya
  7. Daun bawang atau bawang polong secukupnya
  8. Kecap manis dan kecap asin secukupnya

Bahan untuk membuat minyak ayam :

  1. Minyak goreng  ½ liter
  2. Bawang putih 125 gram atau 5-7 siung
  3. Kulit ayam 75 gram
  4. Ketumbar 75 gram

Sebelum membuat toping mie ayam, sebaiknya kita buat dulu minyak ayam-nya. Berikut adalah penjelasannya

Cara membuat minyak ayam

  1. Ambil penggorengan dan nyalakan kompor dengan nyala api kecil saja
  2. Masukkan ( minyak goreng, bawang putih, kulit ayam, dan ketumbar ) kedalam wajan
  3. Tunggu hingga bawang putih dan kulit ayam matang ( jangan sampai gosong )
  4. Minyak ayam siap di gunakan

Setelah semua bahan bahan yang diperlukan untuk membuat masakan mie ayam telah siap dan matang, langkah selanjutnya adalah mulai dengan cara membuat mie ayam yang enak

Cara Membuat Mie Ayam

  1. Masukkan segulung mie ke dalam air mendidih, masukkan juga irisan daun caisim secukupnya
  2. Sementara siapkan mangkok sajian,  dan tambahkan sekitar 2 sendok minyak ayam dan penyedap rasa secukupnya serta tambahkan irisan daun bawang
  3. Masukkan mie kedalam mangkok sajian
  4. Tambahkan masakan ayam secukupnya dan siram dengan air kaldu
  5. Tambahkan bahan sayuran lain sesuai selera
  6. Tambahkan juga saus sambal agar rasanya sedikit lebih pedas
  7. Mie ayam siap dinikmati

Mie ayam siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga Anda. Baca juga aneka jenis mesin pembuat mie.

Selamat Mencoba